Sabtu, 20 Oktober 2012

10 Sifat Anjing Yang Perlu Dikembangkan

10 Sifat Anjing Yang Perlu Dikembangkan ::

oleh Tiara Vebry Aulia pada 11 Desember 2011 pukul 13:02 ·
Hasan Al-Basri mengatakan bahwa anjing itu memiliki sepuluh sifat yang semestinya dikembangkan orang-orang yang bertakwa :

1. Anjing selalu lapar ; inilah jalan manusia sejati. Dia juga puas dengan apa yang di dapatnya, meskipun sedikit. Inilah sifat orang yang menunjukkan ketaatan.

2. Dia tidak memiliki rumah. Inilah tanda orang yang percaya kepada Tuhan Yang akan menyediakan tempat tinggal.

3. Dia tidur sedikit di kala malam. Ini merupakan sifat orang yang terus terjaga di malam hari untuk beribadah kepada Tuhan.

4. Jika mati, dia tidak meninggalkan harta. Begitulah cermin bagi orang-orang yang menapaki jalan ketakwaan.

5. Dia tidak pernah meninggalkan tuannya, meskipun tuannya memukuli dan memperlakukannya secara kejam. Inilah sifat seorang mukmin sejati.

6. Dia puas berbaring di tempat rendah. Inilah kebajikan orang mulia.

7. Jika makhluk lain menempati daerahnya, dia akan rela meninggalkannya dan pergi ke tempat lain. Inilah sifat orang yang pasrah pada kehendak Tuhan dan percaya akan pengorbanan diri.

8. Jika engkau memukulinya dan setelah itu melemparkan sepotong roti kepadanya, dia akan segera mendekat. Dia tidak dendam kepadamu karena telah memukulinya. Inilah sifat orang yang benar-benar setia.

9. Dia melihat makanan dari kejauhan tetapi tidak berani mendekatinya tanpa ijin tuannya. Inilah kebajikan orang yang rendah hati.

10. Setelah berpindah ke tempat lain, dia tidak segan-segan kembali.

Saudaraku, pelajarilah sifat ikhlas dari anjing. Engkau sering mengamati gonggongan anjing yang seakan-akan berkata berkata: "Oh, makhluk yang patut dikasihani, ketika engkau memburu daging lezat dan baik, engkau terbelenggu rantai-rantai. Jika engkau sudah merasa cukup dengan sisa-sisa makanan dan roti, engkau akan bebas dari belenggu-belenggu seperti kami."

0 komentar:

Posting Komentar